Depok menjadi salah satu kota petir terganas didunia?

Posted by PENANGKAL PETIR on Friday, August 18, 2017

Kota Depok dijuluki sebagai Kota Petir. Ini karena, di Depok dan sekitarnya terdapat petir berarus listrik terbesar di dunia.  Dari hasil penelitian pada medio 2002 yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro dari Institut Teknologi Bandung, ternyata Depok memiliki petir yang paling ganas di dunia. Bahkan rekor itu tercatat di Guinness Book of World Record. Penelitian yang disponsori PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei, dan Juni 2002, dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), itu mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA. Dengan kekuatan sebesar ini, petir mampu meratakan gedung yang terbuat dari beton (kata Zoro kepada Warta Kota.) Wah, menakutkan, ya! penangkal petir

Sebelumnya, penelitian Zoro dipusatkan di kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat, dengan anggapan di daerah itu sambaran petir cukup besar. Tak dinyana, penelitian mutakhir justru menemukan daerah Depok, khususnya wilayah selatan seperti Sawangan dan Cinere.
Menurut Zoro, Depok merupakan daerah yang dipengaruhi angin regional dan angin lokal. Yakni angin dari lembah dan angin gunung dari Bukit Barisan, serta angin lokal dari angin darat dan angin laut Kepulauan Riau dan Selat Malaka.
Gerakan angin itulah yang menyebabkan pembentukan awan petir dengan kerapatan dan sambaran petir sangat tinggi.

Depok menjadi salah satu kota petir terganas didunia?

Dalam terminologi Perusahaan Listrik Negara (PLN), instansi yang paling sering menanggung kerugian karena petir, sambaran dibedakan menjadi tiga jenis yang semuanya didata. Selain sambaran positif dan sambaran antarawan, ada juga sambaran negatif, yakni lompatan listrik dari Bumi ke ionosfer. Dalam catatan PLN Depok, sepanjang tahun 2001 terjadi 340 kali sambaran positif, 8.520 kali sambaran negatif, dan 1.151 sambaran antarawan. Kekuatan maksimum yang tercatat 290,2 kA. Sambaran negatif yang jumlahnya jauh lebih tinggi daripada sambaran positif atau antarawan, diduga karena kandungan besi tanah di Depok terbilang tinggi. Penelitian ahli geologi UI mendapati tingginya kandungan besi di sekitar Depok, khususnya di danau buatan di Kampus UI. Menurut Zoro, sambaran petir di Depok terjadi hampir sepanjang tahun. Yang tertinggi pada bulan Maret, April, dan Mei, atau pada musim hujan. Sambaran agak mereda di bulan Februari.penangkal petir
Mengutip data yang didapat pada laboratorium yang dipimpin Zoro di ITB, Jaringan Deteksi Petir Nasional, Indonesia memiliki hari guruh (hari terjadinya petir dalam setahun) 200 hari. Sementara Brasil 140 hari, Amerika Serikat 100 hari, dan Afrika Selatan 60 hari.

Blog, Updated at: 3:32 AM

0 comments:

Post a Comment

PT. Denata Persada

PT. Denata Persada memproduksi, menjual penangkal petir dan tower triangle terbaik serta berkualitas untuk proyek-proyek skala besar dan kecil. Kami menawarkan Penangkal Petir Terbaik dan Berkualitas (Merk THOMAS dan GENT), penangkal petir, Triangle Tower Terbaik, Surge Protection, Earthing Systems dan Produk Pembumian dengan kualitas terbaik.

Pengujian & Sertifikasi semua sistem Lightning Protection serta sistem pembumian sangat penting untuk keamanan. Berlangsung keselamatan, kesehatan struktur dan menjamin integritas semua yang terlibat.

Untuk Penawaran Dan Permintaan Instalasi Sistem Proteksi Petir atau Tower Triangle ,

Silahkan hubungi kami di nomor:
Telp: 021-78847212, 021-57957616 atau 021-57957626.
Fax: 021-78846632 atau 021-45589897
Email : denatapersada@yahoo.com

Alamat Pusat : Menara Palma Lt. 23-05, Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-2 Kav G, Kuningan, Jakarta Selatan

Alamat Operasional: Jl. Salihara No. 42B Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia 12520

Website: http://www.penangkalpetir.com/, http://triangletowerindonesia.com/, http://lightningprotection.co.id/, http://www.penangkalpetir.id/, dan http://www.petir.net/